Always be Joyful, Never Stop Praying ~ 1 Thessalonians 5:16-17


Viral Razia Skincare: Perlukah Membawa Skincare Ke Sekolah?

Beberapa waktu yang lalu aku membaca sebuah artikel yang menginformasikan adanya razia skincare yang dilakukan OSIS di salah satu sekolah. Sangat menarik perhatian dan menggelitikku untuk membagi pendapatku akan hal itu. Sebenarnya penting gak bawa skincare ke sekolah? Kenapa harus ada razia sih emangnya ganggu ya??? Inilah pendapatku, boleh setuju atau tidak hehehhe...


Pro dan Kontra
Banyak banget pendapat yang dituangkan mengenai hal ini, mulai dari yang sangat setuju, sampai yang paling tidak setuju bahkan sangat menentang adanya razia tersebut. Heemmm... kalau aku pada sisi yang setuju gak setuju sih.. nanti deh aku jelaskan detailnya. Aku sangat senang kalau anak zaman sekarang itu sudah melek skincare dan punya kesadaran tinggi akan kesehatan kulit dan memang menjaga kesehatan kulit itu dilakukan sedini mungkin. Lagian menurutku tidak mengganggu orang lain juga dibanding dengan penggunaan narkotika atau obat obat terlarang lainnya.


Apakah Remaja Butuh Skincare?
Skincare punyak banyak jenis, mulai dari pencerah, anti jerawat sampai pada anti aging. Dan jenis produknya juga berbeda beda seperti, lip balm, lotion, cream, toner, masker, dll. Nah.. pada dasarnya para remaja kulitnya masih bagus dan tidak perlu menggunakan skincare secara berlebihan. Intinya adalah pakai skincare sesuai kebutuhan dilihat dari kondisi kulit masing masing dan pemilihan skincare berdasarkan usia juga harus diperhatikan. Untuk kilit yang sensitif dan berjerawat pasti punya penanganan khusus, tapi ga semua produk skincare dipakai juga kan...?

Apa Perlu Bawa Skincare Ke Sekolah?
Menurutku sih sah sah saja, tapi tidak semua skincare dapat dibawa kesekolah ya, selain karena berat, juga tidak begitu diperlukan. Menggunakan skincare seperti toner atau cream dapat digunakan sebelum pergi kesekolah sedangkan body lotion, sunscreen, sabun pencuci wajah, dan lip balm tanpa warna boleh dibawa kesekolah itupun sesuai kebutuhan ya.... Aku sarankan kalau kalian mau bawa lotion, sunscreen, atau facial wash, kalian bisa bawa dalam bentuk travel size biar ga berat. Jangan sampai kebanyakan skincare daripada buku pelajaran didalam tas ya... hihihihi.. Harus tetap ingat ya tujuan pergi ke sekolah.

Lebay Banget sih... Bawa Skincare ke Sekolah!!!
Yap... LEBAY banget kalau semua dibawa ke sekolah, TIDAK kalau sesuai kebutuhan. Aku pribadi memiliki kondisi bibir yang kering, ditambah dengan dinginnya AC membuat kondisi bibirku semakin parah, jadi harus sering menggunakan lip balm kalau tidak bibirku bisa pecah pecah dan berdarah. Saat lip balm ku ketinggalan dirumah, aku mensiasatinya dengan banyak minum air putih, tapi tidak berdampak besar untuk kondisi bibirku, dan akhirnya retak & berdarah. Berarti memang kondisinya bibirku membuthkan kelembaban yang ekstra dan salah satunya dengan menggunakan lip balm yang banyak mengandung hal yang baik untuk kulit bibir termasuk mengandung SPF, selain itu lebih praktis juga cara pakainya. Bersyukurlah kalau kalian tidak memiliki kondisi bibir seperti ku dan bagi kalian yang senasib denganku, pasti tau gimana rasanya kan..?

Polusi
Indonesia dahulu memiliki julukan "paru paru dunia", masih berlakukah sampai sekarang? Sayangnya sudah tidak. Aku setuju kalau polusi yang sekarang sangat jauh berbeda dengan polusi jaman dulu, terutama pada kota kota besar, kalau di desa sih menurutku masih asri walau tak seasri dulu sepertinya. Sekarang sudah banyak kendaraan bermotor yang menyumbang sebagian besar polusi udara di negri kita ini, belum lagi dampak dari kebakaran hutan dan masih banyak lagi. Selain itu ozon kita tak setebal yang dulu dan sinar UV beserta radikal bebas yang semakin liar menghantam bumi, kalau mau diuraikan masalah yang lainya akan banyak sekali. Makanya aku sangat menyarankan untuk menggunakan sunscreen atau body lotion ber-SPF dan mengandung anti UV untuk menghindari kerusakan pada kulit. Kerusakan pada kulit tidak selalu langsung kelihatan tapi bisa kelihatan dampaknya 10 tahun yang akan datang. Makanya lebih baik dicegahkan daripada mengobati, nah penggunaan suncreen dan body lotion yang benar adalah harus di re-applay setelah beberapa jam sekali.

Bawa Skincare = Centil dan Pamer
Masih banyak yang menganggap membawa skincare itu centil, mungkin karena kurang paham perbedaan antara skincare/ produk perawatan kulit dengan produk kosmetik. Tidak perlu panjang lebar untuk menjelaskan definisi skincare atau kosmetik singkatnya skincare itu untuk merawat kesehatan kulit sedangkan kosmetik itu untuk merias wajah. Tapi tetap ingat ya bawa seperlunya sesuai kebutuhan. 


Soal pamer atau enggaknya itu kembali ke masing masing orang, aku harap sih hal itu ga terjadi. Kalau temen kamu menggunakan skincare yang harganya lebih ekonomis yaaa.. jangan diejek dan kalau teman kamu pakai skincare yang harganya lebih mahal, yaaa.. jangan iri dan memaksakan diri untuk menggunakan skincare tersebut. Skincare itu cocok cocokan, tergantung kulit masing masing dan harusnya bersyukur kalau cocok dengan skincare dengan harga ekonomis, selain murah dan hemat, sisa uangnya bisa untuk jajan atau keperluan yang lain.. ya kan..?


Pakai Skincare Ganggu Banget...!!!
Nah ini nih yang harus digaris besar dan ditandai merah... Kembali lagi soal razia skincare di sekolah, mungkin ada beberapa pihak yang terganggu, misalnya menggunakan skincare pada saat belajar mengajar berlangsung. Yaaaa.. itu sangat tidak sopan menurutku, kan bisa pakai skincare saat jam istirahat. Waktu aku sekolah dulu, aku jarang banget pakai skincare, bahkan pakai body lotion saja sering lupa dan ga bawa kesekolah juga. Tapi lama kelamaan aku sadar kalau menjaga kesehatan kulit itu penting, akhirnya aku pakai body lotion tiap pagi sebelum sekolah saja karena belum tau kalau harus re-apply setelah beberapa jam. Trus aku bawa facial wash kalau ada mata pelajaran olah raga saja, dan dipakai setelah jam olah raga selesai biar ga ngantuk untuk pelajaran berikutnya. Untuk lip balm aku dulu ga pakai karena belum kenal dengan yang namaya lip balm, kirain semua bentuk seperti tabung itu adalah lipstick/ makeup hehehe.. intinya pakai skincare diwaktu yang tepat ya...


Peranan Orang Tua
Yup.. peran orang tua memang sangat penting, nah orang tua juga harus melek skincare nih... setidaknya tau skincare yang mana yang dibutuhkan sesuai kondisi kulit anak. Jangan gara gara trend yang ada jadi memaksa orang tua mengeluarkan budget yang lebih besar untuk membeli skincare dan orang tua juga bisa mengontrol anaknya dalam membawa skincare kesekolah terlebih lagi bawa makeup.. jangan deh...! Sebenarnya aku agak heran juga sih gaya dandan anak remaja sekarang sedikit berlebihan, aku lebih suka dandanan itu disesuaikan dengan usia. Aku harap untuk para remaja dapat menyesuaikan gaya berdandan dan lebih memilih merawat kulit daripada meriasnya karena kesehatan kulit itu berdampak jangka panjang sedangkan makeup hanya sementara. Nah kalau ada yang bawa makeup baru deh... razia aja.. hihihihi...


Jadi bawa seperlunya dan tau waktu yang tepat untuk menggunakan skincare. Harus tetap ingat kalau sekolah itu untuk menuntut ilmu bukan menuntut orang tua untuk beli skincare yang mahal dan pamer ke teman teman disekolah ya... Banyak sih yang mau aku sampaikan.. tapi takut kepanjangan.. gimana menurut kalian nih?? Setuju atau gaa.. hihihi...


2 comments:

  1. Sebenernya bawa skincare ke sekolah itu sah2 aja, setauku ga ada sekolah yg melarang siswanya bawa skincare kan? cuma, karna aku kenal skincare belum lama, jangankan ke sekolah, ke kampus aja aku polosan, ga kenal skincare n makeup, jadi kalau menurut aku aneh bawa2 skincare ke sekolah hahahha

    ReplyDelete
  2. Jadi polemik banget sih ini di kalangan anak remaja, karena biasanya anak yang sudah kenal dan akrab dengan skincare biasanya kenal dengan make up, tak ayal menggabungkan keduanya. Sebenarnya ini dilakukan krna banyaknya anak remaja yang penampilannya serasa nge-mall. Tapi imbasnya jadi ke anak yang beneran merawat diri dengan bawa lotion atau face wash saja.

    ReplyDelete