Always be Joyful, Never Stop Praying ~ 1 Thessalonians 5:16-17


Bingung Ingin Berobat ke Malaysia, Ini Solusinya ! - Malaysia Healthcare

Haloo Maniss..

Dilihat dari banyaknya jenis penyakit penyakit yang bermunculan, semakin banyak yang sadar akan menjaga kesehatan seperti menjaga pola hidup yang sehat. Tapi bagaimana kalau sudah terlanjur sakit? Banyak upaya yang dilakukan untuk menyembuhkan penyakit yang diderita, salah satunya adalah memilih layanan kesehatan yang terbaik.


Aku tinggal di Medan, ketika mendengar ada sanak saudara, kerabat, atau teman sedang mengalami sakit dan tak kunjung sembuh, pasti akan terdengar "Berobat ke Penang saja...!" Masyarakat Medan pada umumnya sudah tidak asing kalau Penang, Malaysia adalah salah satu tempat untuk berobat, karena fasilitas dan layanan kesehatan yang bagus dan memadai, selain itu karena jarak anatara Medan dan Penang tidak terlalu jauh dan karena kita serumpun sehingga bahasanya tidak jauh berbeda sehingga memudahkan dalam berkomunikasi.


Bagaimana cara berobat ke Malaysia?
Pertanyaan ini sangat sering diajukan dan biasanya ketika hendak berobat ke Malaysia akan menanyakan kepada seseorang yang pernah berobat disana. Tapi apakah penyakit yang diderita itu sama? Bagaimana dengan biaya yang akan dikeluarkan? Bagaimana dengan penginapan disana? Dokumen apa yang perlu dibawa? Atau pertanyaan pertanyaan lanjutan lainnya yang membuat gambaran yang tidak pasti, bisa bisa anggaran dana yang dikeluarkan tidak sesuai dengan budget  kita, waduh...! Nah untuk menjawab semua pertanyaan tersebut hadirlah Malaysia Healtcare Travel Council (MHTC).


Apa itu Malaysia Healtcare Travel Council (MHTC)?
Sabtu, 20 Juli 2019 di Ballroom Santika Dyandra Hotel Medan aku dan teman teman blogger lainnya diundang untuk menghadiri demo kesehatan dan mengenal lebih dekat dengan MHTC yang telah berdiri sejak 2009. MHTC adalah badan yang berada dibawah naungan pemerintah Malaysia yang memfasilitasi dan mengembangkan industri perjalanan kesehatan Malaysia di bawah brand "Malaysia Healthcare" untuk menjadikan Malaysia sebagai tujian utama pariwisata kesehatan dunia.  

Malaysia menawarkan layanan kesehatan yang terjangkau dengan kualitas dunia dan dikontrol oleh pemerintah Malaysia. Malaysia memiliki lebih dari 200 rumah sakit swasta dimana 73 rumah sakit terdaftar sebagai anggota Malaysia Healthcare yang tentunya sudah melewati seleksi yang sangat ketat seperti layanan kesehatan yang terpercaya, teknologi kesehatan yang terdepan, begitu juga dengan fasilitas dan hal hal lainnya. Selain itu bukan hanya Indonesia, Malaysia Healthcare juga berkolaborasi dan membangun kemitraan dengan beberapa negara lainnya seperti China, India, Myanmar dan Vietnam.


Bagaimana Malaysia Healthcare bisa membantu kita berobat ke Malaysia?
Secara singkatnya Malaysia Healthcare dapat membantu untuk merekomendasikan rumah sakit yang cocok sesuai dengan penyakit yang diderita, riwayat penyakit yang pernah diderita, bahkan dengan budget yang dimiliki. Mungkin bisa dikatakan seperti tour guidge untuk orang yang mau berobat di Malaysia.

Apa keunggulan dan keuntungan menggunakan jasa Malaysia Healthcare?
1. Kualitas Berkelas Dunia
Keselamatan pasien dijaga melalui pemantauan ketat dari Kementerian Kesehatan, institusi berakreditas yang diakui oleh internasional, praktisi medis yang berpengalaman dan terlatih, serta ketersediaan teknologi yang canggih, fasilitas yang berkualitas, dll. 

2. Kemudahan Akses
Tersedia dalam berbagai macam perawatan sesuai dengan riwayat penyakit atau penyakit yang sedang diderita. Malaysia Healthcare juga dapat membantu kita bertemu langsung dengan dokter spesialis.

3. Keterjangkauan yang Kompetitif
Malaysia Healthcare dapat menginformasikan berapa kisaran biaya yang akan dikeluarkan ketika berobat ke rumah sakit yang akan di tuju. Rumah sakit yang terdaftar dalam Malaysia Healthcare memiliki biaya berobat yang relatif terjangkau dibandingkan dengan pesaing regional karena telah diatur oleh pemerintah Malaysia. Jadi jangan takut biaya yang akan dikeluarkan akan menjadi lebih besar atau melambung tinggi, bahkan Malaysia Healthcare akan membantu kita menentukan rumah sakit sesuai dengan budget yang kita miliki.

4. Kemudahan Komunikasi
Bahasa yang biasa digunakan adalah bahasa Inggris, Hindi, Mandarin, Melayu dll. Namun jangan takut jika tidak menguasai bahasa tersebut, karena Malaysia Healthcare juga menyediakan penerjemah dan juru bahasa.

5. Hub Halal Global
Alternatif media halal, kemudahan akses fasilitas seperti ruangan ibadah dan restoran halal.

6. Perjalanan Awal hingga Akhir yang Tanpa Batas
Mendukung wisatawan kesehatan dari titik awal yaitu pengajuan pertanyaan dari negara asal, kedatangan, pasca-perawatan sampai kembali ke rumah.  Malaysia Healthcare akan menyambut wisatawan kesehatan di bandara, menunggu penjemputan oleh hotel/rumah sakit sampai bertemu dengan dokter spesialis dengan jalur khusus. Bahkan Malaysia Healthcare juga membantu wisatawan kesehatan masuk ke bagian imigrasi.

7. Healthcare Travel Awards
Banyaknya penghargaan yang telah diraih seperti International living, International medical travel journal dan masih banyak lagi.



Apa Saja Tahapan Yang Harus Dilakukan?
Sebelumnya sudah disebutkan bahwa Malaysia Healthcare akan membantu kita dari tahap awal sampai akhir, berikut tahapannya:
  1. Para wisatawan kesehatan dapat menghubungi via call centre: +60327268688 (luar Malaysia) atau 1800188688 (dalam Malaysia) atau +6281289710029 (untuk Indonesia).
  2. Kedatangan: Petugas MLC akan menyambut dan mendampingi para wisatawan kesehatan di gerbang kedatangan KLIA mengentar menuju loket imigrasi (mohon infokan terlebih dahulu jika membutuhkan kursi roda).
  3. Imigrasi: MHTC membantu proses perizinan imigrasi yang lancar dan cepat (mohon sediakan dokumen yang lengkap untuk mempermudah administrasi).
  4. Klaim Bagasi: wisatawan kesehatan akan diantar ke tempat pengambilan bagasi setelah melewati proses imigrasi. Untuk wisatawan kesehatan yang datang sendiri dan kesulitan membawa barang bawaan Tim dengan senang hati akan membantu.
  5. Malaysia Healthcare Lounge: Tim akan mengawal ke Malaysia Healthcare Lounge yang berlokasi di aula kedatangan  Bandara Internasional KLIA, KLIA2 dan PIA setelah semua barang bawaan sudah berhasil diambil. Beristirahat dan bersantai sejenak sembari menikmati makanan/minuman ringan di lounge.
  6. Penyerahan ke Perwakilan Rumah Sakit: Tim kami akan mendampingi di KLIA / KLIA2 / PIA sampai kedatangan perwakilan rumah sakit anggota MHTC yang akan mengantar ke perjalanan selanjutnya seperti menemui dokter spesialis dll
Menjaga kesehatan
Dr. Savitha, Head of Strategic Partnership, Malaysia Ramsay Sime Darby Health Care menyampaikan pentingnya pola hidup sehat dan tips tips kesehatan lainnya. Masalah pola hidup sehat adalah hal yang sering kita dengar tetapi sering juga kita abaikan. Dr. Savitha mengajak kita untuk melakukan pencegahan perawatan seperti lebih peduli dengan diri kita sebelum menerima resiko yang paling berbahaya. Memilih makanan sehat dan tepat, rajin berolahraga, tidak merokok, istirahat yang cukup, rutin melakukan pemeriksaan kesehatan dll dapat membantu kita untuk menjaga kesehatan.


Medical Check Up
Salah satu yang paling sering kita abaikan adalah pemeriksaan kesehatan rutin, padahal hal ini merupakan hal yang penting terutama jika kita telah memiliki riwayat penyakit tertentu. Malaysia Healthcare juga menawarkan beberapa paket medical check up yang sesuai dengan kebutuhan wisatawan kesehatan. Bingung mulai dari mana? Berikut  tips untuk memilih paket medical check up yang tepat:
  1. Sesuaikan dengan umur wisatawan kesehatan. Medical check up untuk wanita umur 20 tahun tentunya berbeda dengan wanita umur 40 tahun. 
  2. Riwayat penyakit keturunan.  Jika kita termasuk dalam keluarga yang punya penyakit keturunan seperti diabetes, asma, alergi dll, disarankan untuk melakukan tes penyakit tersebut. Lebih baik mencegah dan mengenali kondisi kesehatan kita sebelum penyakit keturunan tersebut muncul dan semakin parah.
  3. Sesuaikan dengan penyakit yang sedang diderita, misalnya bermasalah pada jantung, ambilah medical check up yang berhubungan dengan jantung.
Ditutup dengan  sesi tanya jawab, banyak sekali ilmu baru yang aku dapatkan mengenai kesehatan dan kalau mau berobat ke Malaysia aku ga akan bingung lagi. Bagaimana? Dengan adalanya Malaysia Healthcare sangat membantu bagi yang mau berobat ke Malaysia. Semoga post kali ini dapat membantu dan menjawab pertanya pertanyaan yang ada. Mari kita jaga kesehatan dan sampai jumpa di post selanjutnya..^^

callcentre.IDN@mhtc.org.my 
 www.medicaltourismmalaysia.id
IG : @malaysiahealthcare || @medtourismmy.id

9 comments:

  1. Semudah itu sekarang ya dek berobat ke Malaysia, 😍

    ReplyDelete
  2. Seneng ya ver dapat ilmu baru soal menjaga gaya hidup sehat. Apalagi sistem Malaysia health care total sekali pelayanannya

    ReplyDelete
  3. Enak kan ya ga buta informasi lagi buat tahu untuk berobat di malaysia,jadi mudah

    ReplyDelete
  4. Wah vero ngejelasin benefitnya rinci dan jelas banget lho. Jadi benar-benar punya alasan kenapa memilih Malaysia Healtcare jika harus berobat kesana.

    ReplyDelete
  5. Aku tertarik sekali dengan perawatan ini. Semoga aku punya duit berobat di sana. Amin.

    ReplyDelete
  6. Infonya lengkap ya kak, apalagi kan ini lokasinga diluar negeri jadi memang perlu dpt info lengkap biar gak bingung saat disana.

    ReplyDelete
  7. Malaysia Heathcare buat aku jadi pengen check kesehatan di malaysia

    ReplyDelete
  8. Sekarang serba dipermudah yah mau berobat keluar negeri. Makasih informasinya.. Lengkap banget.

    ReplyDelete
  9. Tidak perlu bingung lg sekarang mau berobat ke luar negeri, informasi sudah mudah didapatkan ya.

    ReplyDelete