Always be Joyful, Never Stop Praying ~ 1 Thessalonians 5:16-17


DIY ~ Paper Soap (Sabun Kertas)

Hallo Manis,

Toilet adalah sarana yang penting, baik dirumah ataupun di tempat umum seperti rumah makan, mall, sekolah, dll. Sudah bersihkah toilet yang kita kunjungi? Aku mengambil contoh toilet yang berada di pusat perbelanjaan seperti mall, biasanya toilet-nya bersih kan? Tapi ternyata ada beberapa tempat yang menjadi sarana transaksi kuman disana, misalnya meja wastafel, kunci keran air, alat pengering tangan, bahkan tempat sabun cuci tangan. 


Aku akan fokus pada tempat sabun cuci tangan, pada bagian tempat sabun cuci tangan ada puluhan atau ratusan bahkan ribun tangan memencet atau mengambil sabun tersebut dan pastinya dengan tangan yang kotor. Tak jarang tangan tangan tersebut menyentuh mulut botol tersebut dan masih bersihkah sabun yang kita gunakan? Mungkin sedikit berlebihan tapi disini aku hanya berpendapat saja bahwa membawa sabun sendiri itu lebih baik daripada menggunakan sabun yang ada ditempat umum.

Selain lebih higenis, kita lebih tau sabun apa yang kita gunakan. Aku pernah menggunakan sabun yang ada di tempat umum dan tanganku jadi sedikit gatal gatal, ada juga sabun yang membuat kulit tanganku menjadi terasa sangat kering dan bahkan beberapa orang kulitnya jadi terkelupas. So, bawa sabun sendiri? Ga repot?! Disini aku akan share cara membuat sabun kertas yang sangat praktis dibawa kemana mana. Kita langsung aja ya...

Alat dan Bahan:
1. Gunting
2. Kertas
3. Kapas tipis (optional)
4. Sabun Cair
5. Kuas
6. Jar (Tempat menyimpan sabun)

Cara Membuat:
1. Ambil selembar kertas atau secukupnya, oleskan sabun cair dengan menggunakan kuas secara rata. Disini aku menggunakan kertas dan kapas tipis.

2. Jemur atau angin anginkan kertas atau kapas sampai sabun mengering.

3. Gunting kertas sesuai selera, boleh kotak kotak, lingkaran atau bentuk hati.

4. Simpan kertas sabun didalam jar atau tempat penyimpanan. Sabun kertas siap digunakan...

Cara Menggunakan
Cukuup ambil satuu atau duua lembar kertas lalu bahasi dengan air secukupnya sambil diusap usap sampai berbusa, dan cuci tangan deh sampai bersih.

Gimana, mudah kan? Hemm... Tapi kalau ditanya antara kertas atau kapas tipis aku lebih suka menggunakan kapas tipis karena lebih menyerap sabun dan lebih mudah membusakannya karena kapas memiliki serat yang lebih banyak.

Mungkin bagi beberapa orang membuat sabun kertas ini sedikit ribet ya, kenapa ga bawa sabun cair aja langsung dalam travel size? Menurutku sabun kertas ini lebih nyaman dibawa bawa ya, selain bisa diselip dimana aja, kita juga ga perlu takut tumpah, ya.. tergantung selera masing masing sih hehehe... Oke deh sekian dulu DIY kali ini, semoga bermanfaat.. Sampai jumpa.. bye ^^


8 comments:

  1. Beb, OMG akhirnya ada yg buat DIY ky gini, aku pgn bgt bikin tp belum sempat googling, ahh maacih beb, ini praktis banget buat bepergian. Btw ini kertasnya pakai kertas apa beb? HVS gitu bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, pake HVS.. iseng sih karna sabun di kantor buat kulit jadi kering..
      Boleh dicoba kak.. hehehe

      Delete
  2. TRIMAKASIH, saya sudah coba, tapi kl buat di washtafle itu ada sisa kertasnya, bisa buntu di wastafle yaa? sebaiknya pakai jenis kertas apa yaa yang larut di air tak bersisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. trimakasih ya udah mampir di blogku. Kalau kertas yang mudah larut dalam air namanya kertas Soluble, tapi aku kurang tau bisa beli dimana
      ehehhe.. maaf kalau kurang membantu

      Delete
  3. hai kak, mau nanya dongg kapas tipis yang dimaksud itu seperti apa yaa dan bisa didapetin dimana? makasih :)

    ReplyDelete
  4. Kak bisa pake kertas buku gambar enggak

    ReplyDelete