Always be Joyful, Never Stop Praying ~ 1 Thessalonians 5:16-17


DIY ~ Scrub Gula Merah

Haloo Maniss...

Kita menyadari bahwa exfoliating atau pengangkatan sel sel kulit mati itu sangat penting. Bukan hanya diwajah tapi ditubuh juga. Ada banyak manfaat dari exfoliating yaitu, dapat membantu mencerahkan kulit, mengatasi masalah jerawat, melawan tanda tanda penuaan dini, menghaluskan kulit, membantu kinerja produk dikulit kita agar lebih maksimal, dll. 

Kesadaran untuk pentingnya exfoliating memang masih rendah, nah padahal menurutku ini salah satu skincare routine yang ga boleh ditinggalkan. Salah satu cara yang paling umum dan mudah digunakan adalah menggunakan scrub, nah kali ini aku mau bagi bagi tips DIY face scrub yang tentunya bahan dan caranya sangat mudah, oke kita mulaiii...

DIY ~ Scrub Gula Merah
Yuuhuuu.. DIY again.. Mudah dan murah meriah. Yupss.. aku usahain share untuk kalian DIY yang menggunakan bahan dan cara yang mudah.
Bahan Bahan:
1. 2 sendok makan gula merah
2. 1 sendok makan gula pasir
3. 2 sendok makan madu
4. 1 buah jeruk nipis / lemon (optional)

Alat:
1. Mangkuk
2. Sendok
3. Jar kosong untuk tempat penyimpanan

Cara Membuat:
1. Haluskan gula pasir menggunakan sendok. Karenakan gula pasir itu menurutku masih kasar tekturnya untuk wajah apalagi untuk kulit yang sensitif, jadi harus dihaluskan lagi sampai tekstur yang kalian inginkan. Eiittss... jangan sampai jadi tepung ya hehehheh.. karena gula pasir ini yang akan kita gunakan sebagai tekstur scrub nya nanti

2. Iris gula merah, campurkan dengan madu dan gula pasir yang telah dihaluskan tadi. Sebenarnya gula merah udah punya tekstur tersendiri, hanya saja sifatnya mudah meleleh dan terlalu lembut, makanya aku minta bantuan si gula pasir.

3. Aduk rata ketiga bahan tersebut. Biasanya DIY Scrub Gula Merah yang lain menggunakan olive oil, nah aku disini pakai madu. Why?? Karena ga semua kulit cocok menggunakan bahan yang mengandung minyak, walaupun langsung dibersihkan setelah pemakaian, tapi kalau dasar kulitnya sensitif ya bakal timbul jerawat ntar (pengalaman).

4. Olive oil memang bagus untuk kulit dan membuat scrub lebih mudah digunakan soalnya tekturnya jadi lebih licin. Ini kembali ke kalian sih mau pakai olive oil atau madu. Aku lebih suka madu karena dapat melembabkan, cocok untuk semua jenis kulit, mudah didapatkan, dan ga kalah kaya manfaat seperti olive oil. Simpan scrub buatan kalian di dalam jar kosong. Tapi lebih bagus dipakai sekali habis, jadi kalau mau pakai baru buat scrubnya, biar lebih fresh.

5. Yey... udah jadi deh srubnya. Nah untuk air jeruk nipis atau lemon bisa digunakan untuk tambahan atau sebagai topping. Cara menggunakannya, basahi wajah dengan air hangat, campurkan scrub dengan air lemon, lalu pakai diwajah, digosok gosok ringan aja. Selain diwajah, bisa dipakai di tubuh dan bibir juga soalnya bahannya kan alami. Pakai seperlunya atau seminggu 2X, tergantung kebutuhan kulit kalian.

Hasil pemakaian, kulitku terasa lembab dan halus. Gula merah memang banyak manfaatnya, cari diGoogle aja ya, atau ntar aku bahas deh di next post.

Mudah kan.. Sekarang kalian udah punya scrub untuk exfoliating, so jangan malas untuk exfoliating kulit kalian ya. Oke sampai disini dulu DIY kali ini. Kalau ada saran aku harus buat apa, atau mau bahas apa, boleh tulis dikolom komentar dan jangan lupa follow IG ku di @christ.Vero bye bye.. ^^

1 comment: