Always be Joyful, Never Stop Praying ~ 1 Thessalonians 5:16-17


DIY ~ Rak Gantung Kosmetik [Hanging Shelf] : Simpel, Mudah & Murah

Haloo Maniss..
Heemm.. rak kosmetikku penuh, aku bingung mau nyimpan kosmetik dimana lagi.. Mau beli rak baru tapi budgetnya ga ada, habis buat keperluan yang lain, coz ini Desember ada Natal dan akhir tahun. Mungkin ga aku aja yang ngalami kejadian ini. Kayaknya dinding masih luas tuhh.. aku punya ide untuk DIY makeup organizer yaitu membuat rak gantung yang simpel, mudah, dan murah hehehhe...

 DIY: Rak Gantung Kosmetik [Hanging Shelf]

Alat:
1. Gunting / Cutter
2. Penggaris
3. Paku / Baut
Bahan:
1. Kertas karton yang tebal, disini aku pakai kertas karton 2mm, kalau ga ada bisa diganti dengan tutup kotak sepatu
2. Kertas Kado
3. Lem / Selotip
4. Tali kur

Cara membuat:
1. Guntung karton tebal dengan panjang 33cm dan lebar 10cm, ukuran bisa disesuaikan sesuai keinginan kamu. Kalau kamu menggunakan tutup kotak sepatu, aku sarani tidak perlu digunting lagi, tapi ntar rak gantung kamu jadinya gede heheh.. #terserahdeh

2. Beri lem pada tiap ujung karton, depan dan belakangnya. Hal ini berfungsi untuk merekatkan kertas kado, ketika karton dilubangi kertas kado tidak akan terbuka atau rusak.

3. Tempelkan kertas kado pada karton dengan bantuan lem atau selotip.

4. Ukur sudut karton dari sisi atas dan samping 1cm untuk mengukur dimana letak lubang pada karton. Lalu lubangi dengan paku pada keempat sisi karton. Untuk lebih jelas, lihat gambar dibawah.

Kalau sulit menggunakan paku kamu bisa menggunakan baut dengan bantuan obeng untuk melubanginya, hasilnya lebih baik menurutku.

5. Pastikan ujung tali kur sudah dibakar agar tali tidak mudah rusak. Kita memerlukan 2 tali kur yang panjangnya masing-masing 50cm. Masukan tali kur pada lubang yang telah dibuat tadi, Satu tali kur dimasukan pada bagian sisi karton yang pendek (bagian lebarnya) dan ikat dibagian ujungnya. Lakukan pada keempat lubang.

Jadinya seperti ini..

Kalau kamu berpikir untuk memasukan tali kur pada bagian "panjang", nanti raknya jadi mudah tidak seimbang. Bayangin aja ya, kalau salah satu sisi karton ditempatkan suatu benda yang lebih berat daripada sisi satunya, maka rak gantung akan miring dan barang-barang kamu akan jatuh. Jadi menurutku cara diatas yaitu penempatan tali kur disisi "lebar" yang paling efektif untuk rak gantung.

6. Gantungkan rak gantung buatanmu itu dengan mengkaitkan kedua tali kur pada paku.

7. Rak gantung siap digunakan, kamu bisa meletakan barang apa saja diatasnya, kosmetik, pita, atau bumbu masak juga boleh, terserah deh.. hihihiih.. ^^

Kelemahan dari rak gantung ini adalah tidak dapat menampung benda-benda yang terlalu berat, kalau kamu memang mau meletakan benda yang berat, kamu bisa menggantikan karton dengan kayu atau triplek.
Kelebihannya adalah simpel, mudah, dan murah.. heemmm.. juga unik karena hanya satu-satunya didunia, coz ini kan kreasi kamu sendiri, hanya milikmu..

Oke deh... sekian dulu ya DIY kali ini, hidupkan kreatifitas kamu!! Selamat mencoba.. ^^


0 komentar:

Post a Comment